BIG PROMO - SPESIAL DISKON 50%. WAKTU TERBATAS. KLIK DISINI UNTUK MENDAPATKAN KUPONNYA >>



Sekolah Dan Administrasi Guru

Posted by Super Marketer on

Sekolah dan administrasi guru  adalah dua entitas yang sangat berkaitan erat satu dengan yang lainnya. Keduanya  berkaitan dengan perangkat yang harus dipersiapkan seorang guru, guru tidak akan dapat melaksanakan tugas pembelajaran dengan baik tanpa mempersiapkan administarsi yang diperlukannya.

Administrasi yang dipergunakan guru harus sesuai dengan ketentuan dan regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan kebudayaan maupun Kementerian Agama yang mempunyai otoritas dalam mengeluarkan kebijakan, panduan dalam melakukan pembelajaran yang dilaknakan guru di sekolah atau madrasah.

Sekolah atau madrasah, adalah institusi yang menyelenggarakan pembelajaran  yang di mulai dari tingkat pra sekolah, tingkat dasar dan menengah. Dari semua jenjang tersebut terdapat aturan dan standar yang harus dipenuhi oleh penyelenggara sekolah/madrasah.

Dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah, agar standar mutu yang disyaratkan harus mengacu kepada 8 standar pendidikan yang terdiri antara lain: Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi,  Standar Proses, Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan, Standar Penilaian Pendidikan.

RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan salah satu element penting bagi seorang guru untuk mempersiapkan kegiatan pembelajaran di ruang kelas yang terdiri dari beberapa komponen rencana pembelajaran yang akan dilakukan, tentunya dalam hal ini acuan kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013.

Selain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP, guru juga diharuskan untuk melengkapi administrasi lain sebagai penunjang kegiatan pembelajaran yang dilakukan, karena kurikulum 2013 mensyaratkan administrasi pembelajaran terangkum dalam "Buku Kerja Guru".

Buku kerja guru ini terdiri dari beberapa point kelengkapan administrasi pembelajaran, terdiri dari :

 A. BUKU KERJA I

1. SKL, KI, dan KD
2. Silabus
3. RPP
4. KKM

 

 B. BUKU KERJA II :

1. Kode Etik Guru
2. Ikrar Guru
3. Tata Tertib Guru
4. Pembiasaan Guru
5. Kalender Pendidikan
6. Alokasi Waktu
7. Program Tahunan
8. Program Semester
9. Jurnal Agenda Guru
 

C. BUKU KERJA III :

1. Daftar Hadir
2. Daftar Nilai
3. Penilaian Akhlak/Kepribadian
4. Analisis Hasil Ulangan
5. Program Pembelajaran Perbaikan & Pengayaan
6. Daftar Buku Pegangan Guru/Siswa
7. Jadwal Mengajar
8. Daya Serap Siswa Hb tidak
9. Kumpulan Kisi soal
10. Kumpulan Soal
11. Analisis Butir Soal
12. Perbaikan Soal
 

D. BUKU KERJA IV :

1. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
2. Program Tindak Lanjut Kerja Guru 

Dalam pemenuhan kelengkapan administrasi guru adakalanya menemukan kendala yang perlu ditangani dengan segera dan seksama, untuk solusi hal ini salah satunya dapat menggunakan solusi dari pihak ketiga baik secara offline maupun online, disinilah terjadi simbiosis yang baik antara yang membutuhkan maupun dari penyedia perangkat administrasi guru.

Ingin menggunakan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi terbaru, Juga Buku Kerja Guru?  Dapatkan disini.