BIG PROMO - SPESIAL DISKON 50%. WAKTU TERBATAS. KLIK DISINI UNTUK MENDAPATKAN KUPONNYA >>



Pendidikan Kewarganegaraan Generasi Milenial

Posted by Super Marketer on

Pendidikan kewarga negaraan generasi milenial merupakan sebuah upaya mengenalkan jati diri bangsa untuk generasi muda pada saat ini, dengan dinamika kehidupan global yang menyentuh semua sendi kehidupan dirasa sangat perlu  diajarkan terhadap mereka, mengingat kehidupan masyarakat sudah berada pada zaman dimana semua dapat diperoleh dengan mudah, hanya berbekal dengan gadget segala macam informasi atau untuk memenuhi kebutuhan konsumtif dapat dengan cepat untuk diperoleh.

Dibalik segala kemudahan tersebut dan ditengah kemajuan zaman yang serba modern seperti sekarang ini menyimpan potensi masalah yang perlu diwaspadai. Hal ini memerlukan adanya upaya pemahaman serta pembiasaan tentang  kearifan luhur yang telah kita miliki yang sangat dibutuhkan agar tidak ditinggalkan begitu saja,  seperti budaya sopan dan santun, menghargai proses, dan daya juang dalam melakukan sesuatu yang harus senantiasa dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Berkenaan dengan mempersiapkan warga negara muda yang cerdas dan baik yang menjadi andalan bangsa dan negara untuk mengisi kemerdekaan dengan partisipasi yang positif dan efektif guna menyongsong hari esok yang lebih baik.  Upaya ini diantaranya dapat dilakukan dengan menanamkan sikap kebangsaan dalam satuan pelajaran sekolah yang dinamakan dengan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).

Pendidikan kewarganegaraan sejatinya adalah sebuah bentuk pendidikan untuk generasi muda yang bertujuan agar mereka menjadi warga negara yang berpikir tajam dan kritis, sadar mengenai hak dan kewajibannya, tidak acuh dengan permasalahan yang terjadi di sekelilingnya.

Maka sewajarnya menjadi sesuatu  yang penting Pendidikan kewarganegaraan  dipelajari oleh seluruh generasi muda, dari tingkat dasar  hingga tingkat universitas. Mengapa pendidikan PKn ini penting? Melalui Pendidikan kewarganegaraan, ada beberapa manfaat yang didapat antara lain:

  • Menjadi pribadi yang mengetahui hak dan kewajibannya sebagai warga negara Indonesia
  • Menjadi pribadi yang berpikir kritis
  • Menjadi pribadi yang bertoleransi tinggi
  • Menjadi pribadi yang cinta damai
  • Menjadi sosok yang mengenal dan berpartisipasi dalam kehidupan sosial, politik lokal, nasional, dan internasional 

Selain itu, pendidikan ini juga bertujuan untuk membangun kesiapan seluruh warga negara agar menjadi warga dunia (global society) yang cerdas. Dengan pendidikan kewarganegaraan ini para generasi muda diharapkan memiliki kesadaran penuh akan demokrasi dan HAM. Dengan bekal keadaran ini, mereka akan memberikan kontribusi yang berarti dalam mengatasi berbagai masalah yang dihadapi bangsa, seperti konflik dan kekerasan yang terjadi dalam masyarakat Indonesia, dengan cara-cara yang damai dan cerdas. Mencetak generasi muda yang bertanggung jawab atas keselamatan dan kejayaan tanah air adalah tujan berikutnya.

Rasa tanggung jawab ini akan tercermin dalam partisipasi aktif generasi muda dalam pembangunan. Generasi muda yang bertanggung jawab akan menyaring pengaruh-pengaruh dari luar, mengambil sisi positifnya dan menolak hal-hal yang tidak sesuai dengan nilai luhur dan moral bangsa.

 Akhirnya, Pendidikan kewarganegaraan diharapkan mampu menumbuhkan sikap setia kepada Negara serta tanah airnya serta kerelaan dengan tulus ikhlas untuk menyumbangkan setiap potensinya demi kemajuan tanah air walaupun tidak mendapat iming-iming materi, popularitas atau sesuatu yang sipatnya artificial semu belaka, karena lebih mementingkan nilai dan kepuasan batiniah.

Generasi milenial tetap harus siap bela negara - bela tanah air dalam kondisi apapun, demi tegaknya Negara kesatuan Republik Indonesia yang dengan susah payah diperjuangkan dan dibangun oleh para pendiri bangsa.