BIG PROMO - SPESIAL DISKON 50%. WAKTU TERBATAS. KLIK DISINI UNTUK MENDAPATKAN KUPONNYA >>



Pelajaran Bahasa Arab Dengan Panduan RPP

Posted by Super Marketer on

Pelajaran bahasa arab dengan panduan RPP biasa dilakukan di sekolah atau madrasah di bawah naungan Kementerian Agama mulai dari tingkat MI (Madrasah Ibtidaiyah), MTs (Madrasah Tsanawiyah) hingga MA (Madrasah Aliyah). Maka jangan heran siswa-siswi yang belajar di sekolah madrasah mereka sudah tidak asing dengan mata pelajaran yang satu ini, kalau tidak dikatakan wajib buat mereka bahasa arab seperti makanan sehari-hari apalagi sekolah yang memadukan dengan sistim pesantren, siang alam akan menemukan dengan pembelajaran bahasa arab.

Tak seperti cabang disiplin ilmu lain yang kerap kali lebih dibanggakan dan dipelajari, ilmu bahasa Arab seringkali diremehkan, dianggap sebelah mata, dan dianggap tak berguna. Padahal sesungguhnya bahasa adalah sumber segala ilmu, karena di mana ada manusia, di situ ada bahasa. Bagaimana mungkin kita bisa belajar jika kita tak bisa berbahasa dengan baik? Bagaimana mungkin kita bisa berkomunikasi jika tak mengetahui tata bahasa yang benar?

Bahasa Arab pastilah bersumber dari Arab, dari Timur Tengah. Tak hanya negara Saudi Arabia yang menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa nasional, tetapi ada 22 negara lain yang tergabung di Liga Arab. Sebagai umat muslim, tak bisa kita nafikan bahwa kitab suci kita berbahasa Arab. Junjungan umat muslim yang tak lain adalah Rasulullah SAW juga merupakan orang Arab. Buku-buku sumber hukum agama Islam pun berbahasa Arab. Para alim ulama terdahulu tak mungkin bisa mempelajari Islam sebelum mempelajari bahasa Arab.

Indonesia adalah negara dengan jumlah umat muslim terbanyak di dunia. Namun, dari jutaan orang yang beragama Islam, berapa persenkah yang masih memiliki rasa peduli terhadap bahasa Arab? Peminat jurusan-jurusan berbahasa Arab di universitas pun tak lebih banyak dari jurusan-jurusan lain. Tak hanya itu, bahkan banyak umat muslim yang merasa ‘asing’ dengan bahasa Arab, seolah-olah bahasa Arab adalah sesuatu yang tak layak untuk dipelajari lagi. Padahal, bahasa Arab berkaitan erat dengan agama Islam karena agama kita datang dari Arab. 

Dewasa ini, berkembang opini yang dikembangkan di tengah masyarakat dan seakan-akan segala hal yang berbau kearab-araban sedang banyak dijauhi, dengan dalih orang-orang Indonesia yang berbahasa Arab tak mencintai bahasa Indonesia. Ah, begitukah? Atau itu hanya alasan buatan mereka yang membenci bahasa Arab? Atau karena sesungguhnya karena mereka tidak kenal saja. Seperti pameo yang sering kita dengan, “tak kenal maka tak sayang”. Beigtupun yang terjadi dengan bahasa arab buat mereka yang belum mengenalnya.

Lunturnya rasa peduli terhadap bahasa Arab di tengah mayarakat merupakan tantangan sendiri untuk lebih mengenalkannya sehingga jika sudah mengenalkan dan tidak ada lagi  rasa enggan untuk mempelajarinya, bahkan ada keinginan untuk memperdalamnya.

Perlu diketahui bahwa bahasa Arab memiliki kekuatan yang besar. Bahasa Arab berbeda dengan bahasa lainnya. Jika seorang memahami dan mahir berbahasa Arab hingga pada tahapan memahami Alquran, tentunya banyak yang akan didapat khazanah sumber keilmuan yang ersumber dari bahasa arab, karena sesungguhnya literature keilmuan pada abad pertengahan banyak yang dihasilkan oleh para ilmuan muslim dengan pencatan dalam bahasa arab seperti bidang astronomi, kedokteran, antropologi serta banyak keilmuan lainnya.

Manfaat terbesar jika kemampuan bahasa arab dapat dikuasai dengan baik, sumber dari segala sumber keilmuan serta petunjuk kehidupan akan dapat dipelajari dan dipahami dengan baik pula yaitu kemampuan memahami “Al-qur’an”. Jika anggaplah seluruh umat muslim di Indonesia memahami bahasa Arab dan Alquran, kita pasti akan hidup dengan damai sesuai tuntunan Alquran, sesuai tuntunan yang diberikan oleh Allah, Pencipta Alam Semesta, menegakkan Islam yang Rahmatan Lil ‘Alamin.

Di tingkat satuan pendidikan, sekolah/madrasah mempelajari bahasa arab akan lebih terarah dengan menggunakan kurikulum pembelajaran, dalam menjalankan program kurikulum ini akan diperlukan perangkat pembelajaran bahasa arab yang dimiliki guru yang mengajarkan bahasa arab yaitu dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Marilah kita bangun rasa cinta dan peduli terhadap bahasa Arab tanpa mengurangi rasa cinta dan peduli kita terhadap bahasa tanah air, bahasa Indonesia.